PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep | Raudhatul Athfal, Playgroup & Day Care

Beranda » Informasi Umum » Belajar toleransi sejak dini

Belajar toleransi sejak dini

🏡

☎️ +62 921 3111095 📱+62 852 5612 3297
Jam Kerja / Working Hours: 08:00 WIT - 12:00 WIT

Ikuti kami di Twitter

Instagram

Tidak ada gambar Instagram yang ditemukan.

Terjemahan

Indonesia terkenal karena keanekaragamannya, selain keanekaragaman budaya, kita juga memiliki keanekaragaman dalam beragama. Sebagai manusia sudah sepatutnya kita saling menghargai dan menghormati kebebasan beragama tiap – tiap individu. Indonesia sendiri menghormati hari – hari besar agama yang ada dengan cara menjadikannya sebagai hari libur Nasional

Seperti pada Imlek kemarin (5 Februari 2019) yang merupakan budaya masyarakat Tionghoa tetapi dirayakan oleh mereka yang beragama Budha dan Konghucu.
Sementara pada tanggal 7 Maret 2019 nanti umat Hindu akan merayakan hari raya nyepi, dimana mereka meniadakan semua aktivitas pada hari tersebut kecuali pada rumah sakit. Hari raya Nyepi jauh lebih terasa di Bali, yang merupakan pusat umat Hindu di Indonesia. Pada saat libur hari – hari besar ini, selain bunda dapat mengenalkan hari besar agama lain, juga dapat menjelaskan pentingnya toleransi serta hormat – menghormati antar umat beragama.
Bunda dapat menyampaikan bahwa ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa toleransi kita ; diantaranya dengan tidak berisik disekitar tempat – tempat ibadah mereka, paham akan hari – hari besar mereka dan lain sebagainya. Sikap saling menghormati dan menghargai ini dapat kita bangun sejak kecil, inilah yang dilakukan Alkhairaat Skeep sabtu 23 Februari 2019 dengan mengajak teman – teman berkunjung ke tempat – tempat ibadah yang ada di Ternate; pertama pergi ke Pura (tempat ibadah umat Hindu), ke Gereja (tempat ibadahnya umat Kristiani), ke Vihara (tempat ibadahnya umat Budha), dilanjutkan ke Klenteng ( tempat ibadahnya umat Konghucu), terakhir ke Mesjid (tempat ibadah umat Islam).
Semoga dengan mengenal dan mengunjunggi tempat – tempat ibadah yang ada, kami jadi tahu untuk tidak berisik dan cara bersikap yang baik dan benar jika berada disekitar daerah tersebut, kamipun paham bahwa setiap manusia itu berbeda – beda baik mereka yang seagama maupun berbeda, kamipun jauh lebih mengerti lagi tentang makna dari toleransi .

Berpegang pada prinsip toleransi inilah, maka hari – hari besar itu menjadi hari libur umum di Indonesia. Semangat Pancasila serta sikap saling menghargai dan menghormati sebagai sesama umat beragama perlu terus kita asah dan kembangkan untuk kedepannya sehingga kita dapat menjadi umat yang damai serta bahagia aamiin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: